1 year ago, Posted by: lutika

Mari Pelajari Bagian-bagian Otak Ikan

Otak dimiliki oleh semua vertebrata dan sebagain  invertebrata (kecuali organisme jenis ubur-ubur, spons, dan tunicata (Budi, 2018). Ikan masuk dalam golongan vertebrata, dimana otaknya terletak di mempunyai struktur yang berbeda dengan ukuran volume yang lebih kecil.  Diketahui bahwasanya fungsi dari otak pada ikan yaitu 1) menerima input dan menginterpretasikan informasi dari semua organ sensor baik internal mapuun eksternal, 2) menghasilkan output yang ditunjukkan melalui perintah untuk koordinasi semua bagian badan sebagai impuls syaraf atau hormon integrasi antara aspek fungsi otak (Langler et al., 1997). Otak juga dikenal sebagai salah satu bagian dari system saraf pusat.

Bagian otak ikan dikelompokkan menjadi 5 bagian utama : telenchepalon, diencephalon, mesencephalon, metencephalon, dan myelencephalon.  Setiap bagian otak terdiri dari masing-masing bagian penyusunnya. Penjelasan lebih lanjut mengenai bagian-bagian otak yakni sebaga berikut;

A. Telencephalon

Telencephalon terletak pada anterior dari otak. Telencephalon memiliki gelembung penciuman yang didalamnya terdapat badan sel penciuman dari sel syaraf pencium dan pusat indera pencium. Telecephalon terdiri dari 1) dorsolateral; terdiri dari daaaaerah olfactory dan dorssomedialy yang dapat membawa iraapulses penciumaaan ke pusat lain, 2)septal; bagian ini memiliki tractus olfactorius medialis yang dapat menghubungkan mata dan hipotalamus yang dilakukan oleh, 3) ventral; terdapat commissure bagian depan yang dapat menghubungkan setiap bagian otak.

B. Diencephalon

Diencephalon terdiri dari 1) ephitalamus ; terdapat chorid plexus pada bagian anterior, sedangkan pada serabut ephitalamus bagian ujung terdapat telencephalon dan habenula yang berhubungan dengan thalamus dan hipotalamus, 2) thalamus; terdiri dari dininding akhir diencephalon dan pusat perasaan dari fungsi autonomic, 3) hypothalamus; dasar dari diencephalon dan pemasukan depan sebelum daerah penglihatan

C. Mesencephalon

Mesencephalon terdiri dari bulbus opticus yang merupakan pusat dari indera penglihatan. Mesencephalon terdiri dari lapisan 1) stratum opticum, yang terdiri dari serabut saraf optic,2) stratum fibrosum; didalamnya terdapat serabut saaraf dan sel syaraf yang merupakan bagian paling penting dari indera penglihatan, 3) stratum grisseum central, 4) stratum album central; lapisan yang mengandung serabut syaraf dari syaraf efferent dan berhubungan langsung dengan syaraf oculomotor dan thalamus, 5) startum griseum periventriculate; lapisan yang mengandung sel syaaraf yang dapat menerima serabut syaraf dari periventriculate, 6) stratum fibrosim periventriculate; lapisan yang didapati melapisi aquaductus mesenchepali.

D. Metencephalon (Cerebellum)

Metencephalon terdiri dari 1) korteks; korteks terdiri dari 3 lapisan (lapisan molekuler, lapisan sel purkinje, dan lapisan sel granuler), 2) medulla.

E. Myencephalon

Myencephalon tersusun dari medulla oblongata. dinding ventral daari medulla didapati berlapisan tebal sedangkan dindng dorsal medulla terdiri dari pembuluh dara choroid, trigeminal, abducen, glossopharyngeal, vagus, dan saraf lainnya.

 

 

 

 

Sumber pustaka : Suprapto, H. 2015. Histologi Ikan. Revka Petra Media. Surabaya. hal.60-65.

Keterangan gambar : gambar diperoleh dari laman allometric[dot]com


Post Views: 2720


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved