1 year ago, Posted by: lutika

Simbiosis Ikan Badut dan Anemon Laut dalam Ekosistem Laut

Ikan badut dan anemon laut selalu berinteraksi di perairan yang ditempatinya. Ada hal yang unik diantaranya keduanya. Seperti penjelasan yang akan dijabarkan berikut ini.

Meskipun anemon laut terlihat cantik, siapa sangka bahwasanya anemon lautsangat berbahaya. Terlebih lagi untuk organisme laut, bukan hal yang mudah untuk dapat hidup berdampingan dengan anemon laut. Anemon laut mempunyai kapsul beracun yang terletak disetiap cabangnya. Karenanya setiap ikan yang menyentuh anemon laut akan terluka. Menariknya hal tersebut tidak berlaku pada ikan badut. Terbukti bahwa ikan badut tidak pernah terluka oleh anemon laut (fautin et al., 2007). Ikan badut dapat ditemukan sering berada di balik anemone laut. Juga bahkan ikan badut bisa kehilangan kekebalan bila dipisahkan dengan anemon laut selama beberapa beberapa jam (Mebs, 1994).

Oleh karena hubungan yang saling berkaitan antar anemone laut dan ikan badut laut kerap disebut sebagai symbiosis mutualisme. Simbiosis antar keduanya dianggap saling mengguntungkan untuk satu sama lain. Ikan badut mengandalkan anemone laut sebagai tempat berlindung dari ikan predator, karena dalam hal berenang ikan badut termasuk jenis ikan perenang lambat. Ikan badut hidup diantara tentakel-tentakel anemon laut. Dengan kata lain, simbiosis yang didapatkan ikan badut berupa proteksi dan memakan material non metabolik yang dikeluarkan anemone laut. Sementara itu, anemon diuntungkan oleh adanya ikan badut karena anemon dibersihkan dan di lindungi dari predator oleh ikan badut. Melansir dari sains.kompas.com, ketika nemo menggerakan sirip dan ekornya akan menciptakan sirkulasi air bagi anemone sehingga anemon laut mendapat lebih banyak oksigen yang akan meningkatkan metabolisme dan pertumbuhan. Anemon laut yang biasanya bersimbiosis dengan ikan badut adalah Heteractis magnifica, Stichodactyla giganteam dan Stichodactyla mertensii (Myers, 1999).

 

 

 

 

Sumber gambar : gambar didapatkan dari leisurepro[dot]com


Post Views: 2023


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved