2 weeks ago, Posted by: niktual02

Perbedaan Antara Kepiting dan Rajungan

Kepiting serta rajungan ialah 2 hewan bercapit yang sekilas mempunyai tampilan yang mirip. Hendak namun kepiting serta rajungan ini berbeda. Kemudian apa saja perbedaannya?

Banyak yang mengira kepiting serta rajungan sama. Sementara itu bila dilihat dengan seksama kedua hewan bercapit ini mempunyai perbandingan yang lumayan mencolok, baik itu dari segi habitat, wujud badan sampai rupanya.

Berikut ini perbandingan antara kepiting serta rajungan:

1. Habitat

Perbandingan kepiting dengan rajungan dapat dilihat dari habitatnya. Jika kepiting dapat hidup di darat ataupun di air. Sebaliknya rajungan tidak bisa hidup tanpa air, rajungan cuma dapat hidup di air laut.

2. Wujud tubuh

Bila dilihat sekilas, kepiting serta rajungan memanglah tamlak seragam. Tetapi bila dicermati dengan seksama, kepiting mempunyai wujud badan yang lebih bundar serta tebal. Sebaliknya rajungan badannya cenderung lebih ramping.

3. Daging

Biasanya daging kepiting lebih banyak serta lebih tebal daripada rajungan. Tetapi, rajungan yang berdimensi besar serta bercangkang keras mempunyai daging yang tebal. Kepiting mempunyai rasa daging yang cenderung lebih manis dibandingkan rajungan. Tidak hanya itu, daging kepiting relatif lebih lembut sebab kandungan lemaknya lebih besar.

4. Gizi

Isi gizi kepiting serta rajungan tidak jauh berbeda. Kedua hewan bercapit ini mempunyai isi vit B, vit E, zinc, yodium, fosfor, serta mangan. Tetapi bila dibanding, isi gizi di dalam rajungan terbilang lebih banyak dibanding kepiting. Kandungan protein di dalam rajungan terbilang lebih besar. Rajungan pula rendah lemak serta kolesterol.

5. Besar capit

Perbandingan kepiting serta rajungan pula dapat dilihat dari wujud capitnya. Kepiting mempunyai capit yang tidak sangat panjang serta berdimensi besar. Sebaliknya capit yang dipunyai oleh rajungan relatif lebih panjang serta ramping.

6. Warna

Warna badan yang dipunyai kepiting jantan serta kepiting betina merupakan hijau kecokelatan. Sebaliknya badan rajungan betina cenderung bercorak kehijauan dengan bercak putih di sekujur badannya serta rajungan jantan bercorak kebiru- biruan dengan bercak putih yang lebih cerah.

Bercak yang ada pada badan rajungan jadi penanda keadaan kesegarannya. Bila bercaknya mengkilap serta cerah menunjukkan kalau rajungan tersebut masih fresh. Kebalikannya, bila rupanya telah pudar serta hitam, tandanya rajungan telah tidak fresh lagi. 

https://www.unair.ac.id/2022/08/24/inovasi-dosen-fpk-unair-manfaatkan-limbah-pt-ajinomoto-sebagai-pakan-ikan/


Post Views: 30


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved